Jumat, 12 September 2014

Adu Kejantanan Melauli Presean

Seumpama pada luar negeri ada gladiator italy, dalam Indonesia ada namannya Presean yang hingga sekarang kebiasaan itu selalu dilakukan menurut pemuda Pulau Lombok atau suku Sasak merupakan persembahan untuk menerima tamu juga jadi sesi di aneka festival dengan aktifitas.
Pertama hukum adat Presean itu dahulu saat Pulau Lombok selalu berbentuk kerajaan, Presean jadi trik demi menentukan prajurit pada sana. Sebelum diterima jadi prajurit, mereka akan adu ketangkasan terlebih dahulu atau upacara hukum adat dari luapan emosi semua prajurit kerajaan sehabis menundukkan rival dalam medan perang.
Pepadu Presean LombokPertunjukan seni itu sangat unik kendatipun penuh serta unsur kekerasan. Disini petarung dinamakan pepadu yang dulunya tidak direncanakan, pepadu dipilih menurut Pakembar yang begitu juga yaitu wasit di pertarungan presean itu. Pepadu dipilih dari penonton, penonton berhak untuk menyisihkan andai dipilih tapi pakembar, apabila pepadu bersedia maka mereka akan mengenakan kain tradisional, serta udeng dengan bertelanjang dada. Menikmati pecutan atau rotan dan perisai yaitu pelindung yang terbuat dari kulit kerbau tebal yang biasa disebut Ende, para Pepadu ini akan adu penampilan dengan ketangkasan pada tengah lingkaran manusia. Matchday ini dipimpin menurut dua pakembar Yakni Pakembar Sedi yaitu wasit yang berada pada pinggir lapangan juga Pakembar Tengaq, merupakan wasit yang ada di tengah lapangan. Laga dipertemukan di beberapa ronde, serta peraturan-peraturan yang diberikan oleh Pakembar. Pemenang pada Presean ini ditentukan juga 2 metode, yaitu ketika satu diantaranya dari anggota badan pepadu berdarah, maka matchday dimengerti selesei serta pepadu yang tak mengeluarkan darah diperkirakan merupakan pemenang. Juga yang kedua seandainya pepadu dapat sama-sama bertahan di bermacam ronde, pemenangnya akan ditentukan berawal dari nilai tertinggi sepanjang matchday dihelat tetapi Pakembar Sedi.
Ajang Pepadu Presean LombokTradisi Presean dengan diiringi musik yang dimaksud gendang presean. Alat-alat musiknya terdiri dari dua buah gendang, seorang buah petuk, satu set rencek, satu buah gong serta satu buah suling. Jenis-jenis gending Presean dibagi jadi tiga ragam, yakni gending rangsang merupakan gending yang digelar pada saat Pakembar dengan dibantu pengadol menggilai petarung serta kontra tandingnya. Kedua, gending mayuang, yaitu gending yang bertujuan untuk mencurahkan tanda bahwa telah berada dua pepadu yang siap dan sama-sama berani melakukan Presean. Yang ketiga ialah gending berkompetisi adalah gending yang bertujuan untuk membangkitkan gelora semangat petarung maupun penonton serta digelar selama ramainya matchday.
Meskipun penuh serta unsur kekerasan, Presean tetap sangat dilestarikan karena dibalik ini berada target demi silaturahmi, persahabatan serta sportifitas. Semua pepadu tidak menaruh dendam diluar pertarungan sebab filosofi dari adat itu ialah tak mencari rival melainkan mencari teman atau saudara.
Also mentioned: berita lengkap soal presean, presean, peresean sepulau pulau lombok, pepadu peresean pulau lombok.

Untuk Wisata Lombok silahkan Hubungi 62 8573 985 3977 atau add pin bb di 2A6D01DE untuk mendapatkan harga murah dengan pelayanan yang memuaskan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar